- (031) 8850366
- admin@mtsn4sda.sch.id
- Senin - Jum'at : 07.00 WIB - 15.30 WIB
MTs Negeri 4 Sidoarjo – Hampir dua bulan mahasiswa UINSA telah melaksanakan PLP di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Sidoarjo Sejak 11 Oktober 2023. Dari kegiatan ini mereka telah memperoleh banyak pengalaman dan pengetahuan baru mulai dari melakukan observasi terkait lingkungan persekolahan dan juga rangkaian kegiatan mengajar. Pengalaman ini sangat berarti dan berguna bagi mereka dalam menyiapkan diri dimasa depan sebagai seorang pengajar setelah lulus nanti. Pada kegiatan observasi, mereka dapat mengetahui bagaimana pelayanan yang ada di madrasah terkait dengan sarana dan prasarana serta kurikulum yang diterapkan.
Sejak di MTsN 4 Sidoarjo mereka sudah melakukan tahapan dalam melakukan praktik pembelajaran di kelas, mulai dari memperhatikan modelling guru pamong mengajar yang bertujuan agar bisa mengetahui bagaimana cara guru pamong mengajar di kelas sehingga bisa menjadi bahan referensi dan refleksi bagi mereka dalam praktik mengajar, selanjutnya mereka mengajar terbimbing 25% , mengajar terbimbing 50%, mengajar terbimbing 75% dan yang terakhir mengajar mandiri 100%. Ke 10 mahasiswa UINSA Fakultas Tarbiyah PBA dan PBI yang melaksanakan PLP di MTsN 4 Sidoarjo sudah melaksanakan praktek mengajar mandiri 100 % termasuk Tri Aulia salah satu mahasiswa dari PBA.
Tria Aulia melaksanakan praktek mengajar mandiri 100 % pelajaran bahasa Arab materi Al Adawatul Madrosiyyah menggunakan PPT dan media kartu domino di kelas 7C pada jam ke 4 sampai dengan jam ke 6. Dalam pembelajarannya Aulia menayangkan PPT yang berisikan gambar peralatan sekolah serta tulisan bahasa Arabnya. Satu demi satu aulia menunjukkan pada siswa dan melafalkan bahasa Arabnya sampai gambar atau tayangan PPT habis. Setelah itu untuk mempermudah siswa menghafal mufrodat yang ditayangkan tadi, maka Aulia membentuk siswa menjadi 6 kelompok, tiap kelompok memperoleh kartu domino tentang peralatan sekolah. Tiap kelompok memainkan kartu tersebut sampai habis. Kelompok yang menyelesaikan permainan terlebih dahulu berarti menjadi sang juara yang otomatis nilainya lebih bagus dari kelompok lain dengan tidak ada kesalahandalam memasankan kartu dominonya.
Mayoritas siswa kelas 7C merasa sangat senang dengan pembelajaran bahasa Arab yang barusan mereka lakukan. Data ini diperoleh melalui kesan yang ditulis ketika selesai pembelajaran. Sri Winarsih Munawaroh selaku guru pamong juga merasa senang dan bangga atas kesuksesan Tri aulia dalam melaksanakan praktik mengajar mandiri 100%. Semoga mahasiswa PLP bisa tetap melaksanakan pembelajaran yang menyenangkan peserta didik ketika benar-benar menjadi seorang pendidik nantinya ungkapnya. Dan ia juga berharap semua mahasiswa PLP nantinya menyiapkan perangkat pembelajaran dengan sebaik mungkin sesuai dengan kurikulum yang berlaku.