Karya ilmiah mengelolah sampah masker

Pemanfaatan kembali sampah masker
BAB 1
Pendahuluan
Latar belakang masalah

Belakangan ini sampah menjadi konsen besar dunia,karna permasalahannya yang terus di timbulkannya,terutamanya sampah masker. Dimasa pandemi covid 19,masyarakat Indonesia di wajibkan menggunakan masker saat berpergian atau keluar dari rumah untuk menghindari penularan secara langsung.

Kita pun terbiasa menggunakan masker dalam kehidupan sehari-hari. Dengan itu banyak bermunculan jenis baru dari masker yang di nilai dari keamanannya. Salah satu yang memiliki keamanan tinggi adalah masker sekali pakai di mana sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Tanpa kita sadari masker yang kita gunakan untuk melindungi diri ternyata juga memiliki efek buruk terutama terhadap lingkungan sekitar. Limbah masker sekali pakai melonjak dan membuat lingkungan terdampak dari banyak nya sampah masker tersebut. Bagai mana gerakan kita untuk mengurangi sampah masker ini dan lingkungan bisa terselamatkan?

Rumusan masalah

1.Bagaimana cara mengurangi penggunaan masker sekali pakai ?
2.Bagaimana cara mendaur ulang sampah masker ?

Tujuan Penelitian

Kita dapat mengetahui cara memanfaatkan kembali sampah masker

Kita dapat mengetahui cara memanfaatkan kembali sampah masker

BAB II

Kerangka teori

Definisi Sampah
Sampah adalah sisa buangan dari suatu produk atau barang yang sudah tidak di gunakan lagi, tetapi masih dapat di daur ulang menjadi barang yang bernilai.

Definisi Covid 19
Virus covid 19 adalah penyakit yang di sebabkan oleh virus severe acute respiratory syndrome korona virus 2 (SARS-CoV-2)dapat menyebabkan gangguan sistim pernafasan.

Macam-macam Sampah masker bekas pakai

Pertama, kita harus tahu dulu siapa pengguna masker tersebut. Apabila masker sekali pakai digunakan oleh orang sakit / pasien, baik sudah berstatus positif, masih PDP atau bahkan ODP maka masker tersebut dikategorikan sebagai limbah B3 infeksius/limbah medis, yang mana penanganannya sesuai dengan penanganan limbah B3. Jika pasien dirawat di fasilitas pelayanan kesehatan seperti Puskesmas atau Rumah Sakit, tentunya pengelolaan masker bekas sudah terintegrasi dengan pengelolaan limbah rumah sakit lainnya sesuai dengan protokol yang telah ditetapkan. Masker bekas sekali pakai tersebut dapat langsung dibuang ke tempat sampah dengan label infeksius.

Kedua, masker bekas pakai dari ODP ataupun PDP yang melakukan isolasi mandiri di rumah, sesuai dengan SE Menteri LHK, masker tersebut harus dipisahkan dari sampah rumah tangga lainnya, dikemas tersendiri menggunakan wadah/plastik yang tertutup rapat dan diberi label “Limbah Infeksius”. Tidak hanya masker, tapi sarung tangan dan baju pelindung diri juga harus dikelola dengan cara tersebut di atas. Untuk pengambilannya bisa berkoordinasi dengan petugas pelayanan kesehatan terdekat/sanitarian puskesmas yang terdekat.

Ketiga, masker bekas yang dipakai oleh orang sehat. Untuk mengurangi timbulan sampah, dihimbau agar masyarakat dapat beralih menggunakan masker kain yang dapat diguna ulang. Apabila terpaksa menggunakan masker sekali pakai, maka harus dilakukan pengelolaan yang baik untuk mencegah penyalahgunaan masker bekas.
Nah yang akan saya daur ulang termasuk sampah masker golongan ketiga.

Bahan yang di sediakan untuk mencuci masker bekas pakai
1. Sabun detol antiseptik
2.Cairan hand saniteser
3.Air bersih

Langkah-langkah mencuci sampah masker bekas pakai
1.siapkan wadah yang berisi air bersih.
2. Tuang sabun delol dan cairan antiseptik
3. Masukan masker dan cuci hingga bersih kira-kira 15 menitan.
4. Lalu bilas k wadah berisi air bersih.Lakukan pembilasan sampai 3 kali.
5. Terakhir jemur masker yang sudah di cuci hingga kering.

 

Langkah membuat hiasan dari sampah masker bekas pakai
1.Setelah kering masker kita potong menjadi 4 bagian
2.Lalu lipat menjadi 2 bagian.
3. Lalu kita potong ujung nya kecil-kecil, jangan sampai terputus
4.Setelah itu kita gulungkan masker ke kawat .
5.lem ujung nya sampai selesai di gulung
6. Jadilah bunga yang cantik

 

 

 

 

 

 

 


Hasil dari daur ulang sampah masker.

Cara yang kedua untuk mengolah sampah masker bekss pakai selain di daur ulang adalah sebagai berikut
Berdasarkan pedoman dari Kementerian Kesehatan, langkah – langkah pengelolaan masker bekas.

1.Mengumpulkan masker bekas sekali pakai
2.Melakukan desinfeksi terhadap masker bekas tersebut. Desinfeksi masker bisa dilakukan dengan merendam masker dalam larutan desinfektan, klorin atau pemutih.
3.Merubah bentuk masker. Setelah dilakukan desinfeksi, masker harus digunting atau dirusak agar tidak dimanfaatkan kembali.
4.Buang ke tempat sampah domestik setelah dibungkus plastik yang rapat. Sesuai dengan edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, apabila Pemerintah telah menyediakan tempat sampah/drop box khusus masker di ruang publik, masyarakat bisa membuang masker sekali pakai tersebut di tempat sampah khusus masker yang telah disediakan.
5.Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah melakukan pengelolaan masker.

Jika di sekitar kita tidak tersedia tempat sampah khusus masker, maka pengelolaan masker bekas dapat mengikuti infografis berikut :

 

 

BAB lll
Pembahasan
Sampah masker yang banyak di hasilkan oleh masyarakat sebenarnya masih bisa di gunakan oleh masyarakat memjadi sebuah hasil karya yang menarik. Pemanfaatan kembali sampah pada dasarnya tidak memerlukan waktu yang lama. Yang terpenting adalah kreativitas dan ketekunan. Sampah masker bisa di jadikan karya yang indah berupa bunga hiyas dari sampah masker
Sedangkan cara mengurangi penggunaan masker sekali pakai bisa dengan cara membuat masker dari kain yang bisa di cuci. Bagi pengerajin atau penjahit bisa membuat masker dari kain untuk meningkatkan ekonomi keluar

BAB lV
Penutupan

Kesimpulan
Sampa masker memang tidak terlepas dari kehidupan masyarakat di saat pandemi saat ini bahkan sering kali menimbulkan masalah. Akan tetapi,bukan berarti tidak ada solusi untuk hal itu. Ada banyak cara untuk memanfaatkan sampah masker
Walaupun dalam masa pandemi, jangan lupa untuk mengelola sampah ya, memilah sampah dari rumah dan melakukan pengelolaan sampah masker demi lingkungan yang lebih sehat serta memutus rantai penularan COVID-19. Semoga pandemi ini segera berakhir. Jangan lupa pakai masker, jaga jarak dan cuci tangan pakai sabun. Tetap semangat, jaga kesehatan ya.

Daftar Pustaka
1.dlkh.jogjaprov.co.id
2.https://www.aladokter.com
3.www.kompas.com
4.www.aladokter.com

Express Your Reaction
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
You have reacted on"Karya ilmiah mengelolah sampah masker" A few seconds ago

Related Posts

Leave a Reply