Solusi Bijak Beri Pertolongan pada Siswa yang Sakit

Solusi Bijak Beri Pertolongan pada Siswa yang Sakit

MTsN 4 Sidoarjo – Syarat yang harus dimiliki oleh seorang siswa agar bisa menerima pelajaran dengan fokus dan konsentrasi adalah adanya kesiapan fisik dan mental. Jika dua syarat ini dimiliki oleh siswa, maka 1 point sudah dapat dilakukan yaitu dapat menerima pelajaran yang disampaikan oleh seorang pendidik dengan baik.

Namun jika fisik terganggu, maka proses untuk menerima pelajaran pastinya akan terganggu juga. Seperti saat berita ini dirilis, siswa bernama Stasya Aulia A’zahra kelas 7F harus mendapatkan pertolongan dan disarankan oleh petugas UKS untuk istirahat karena kondisi sakit, Sabtu (13/01).

Siswa berusia 13 Tahun berasal dari Desa Kemantren ini menderita sakit kepala. Ika Diah Yusfita selaku petugas UKS menyampaikan bahwa sakit kepala yang diderita oleh siswa tersebut diakibatkan oleh kondisi perut dalam keadaan kosong dan berangkat ke madrasah belum sarapan.

Solusi bijak dari Ika panggilan akrab guru mata pelajaran Matematika yang mendapatkan tugas tambahan sebagai petugas UKS adalah membelikan sarapan dan minuman teh manis hangat. Kemudian siswa diberi kesempatan untuk istirahat di ruang UKS.

Menurut Ika bunda dari 3 (tiga) orang putra ini menuturkan, bahwa pemberian obat telan kepada murid seminim mungkin untuk dilakukan. Oleh karena itu di almari UKS sengaja tidak disiapkan obat-obat telan yang disiapkan tanpa pengawasan dan tanpa adanya rekomendasi dari Puskesmas Kepadangan yang selama ini memberikan pembinaan terkait kesehatan di madrasah.

Sebagai seorang petugas UKS harus lebih berhati-hati dalam memberikan pertolongan pertama kepada siswa yang sakit di madrasah. Sebagai langkah awal pasti siswa akan ditanya apa yang dikeluhkan, sudah berapa lama, bagaimana dengan nafsu makan dan lain sebagainya.

“Sebagai petugas, terus terang kami tidak berani memberikan obat telan kepada siswa yang sakit. Oleh karena itu obat-obatan yang tersedia di almari UKS juga terbatas dan itu harus ada rekomendasi dari pihak Puskesmas yang selama ini memberikan pembinaan kesehatan di MTsN 4 Sidoarjo,” papar Ika.

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa pemberian sarapan berupa nasi atau roti serta minuman teh manis hangat dianggap sebagai solusi paling bijak yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa sakit di kepala.

Express Your Reaction
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
You have reacted on"Solusi Bijak Beri Pertolongan pada Siswa yang S..." A few seconds ago

Related Posts

Leave a Reply