Pengawas Bidang Pendidikan Madrasah Sharing Pembelajaran Abad 21 di Depan Peserta Pelatihan

Hari ke-2 pelaksana Pelatihan Implementasi Merdeka Belajar daN Sukses AKM-PISA Tahun 2021 Jenjang Madrasah Tsanawiyah tampil Endang Mujiati satu di antara Fasilitator Daerah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidoarjo yang notabene menjalankan tugas sebagai pengawas bidang Pendidikan Madrasah Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo, Jum’at (11/12).

Pada kesempatan ini, Endang sapaan akrab bunda dua orang putra dan putri mengajak seluruh peserta untuk bersama menggali ide, menemukan strategi apa yang harus dilakukan dalam rangka membekali peserta didik agar tetap tangguh dan eksis dalam menghadapi abad 21.

Hasil sharing bersama dengan peserta pelatihan implementasi merdeka belajar dan Sukses AKM-PISA Tahun 2021 Jenjang Madrasah Tsanawiyah yang berlangsung hingga tanggal 12 Desember 2020 nanti, adalah munculnya tiga ide yang disampaikan dan dieksplor, yaitu mempersiapkan generasi ke depan agar memiliki keterampilan sehingga mampu bersaing dengan komunitas yang lain, belajar mandiri (pembelajaran bisa dari pengalaman yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari), dan beri kesempatan kepada peserta didik untuk berkreasi, berinovasi, dan bisa dimungkinkan munculnya ide-ide baru yang dapat dimunculkan dalam diskusi kali ini.

Guru ke depan dituntut untuk melakukan perubahan, dan perubahan tersebut mutlak untuk dilakukan dalam rangka mengantarkan generasi ke depan agar tetap eksis dalam komunitas yang semakin global. Tantangan ke depan yang dihadapi akan semakin kompleks, oleh karena itu guru jangan lagi hanya bertugas untuk menstransfer ilmu kepada peserta didik, namun harus lebih dari itu.

Guru hadir di tengah peserta didik dengan tugasnya sebagai pendidik yaitu mendidik bukan sebagai pengajar, yakni bertanggungjawab mengawal peserta didik agar memiliki karakter mulia sesuai dengan tujuan pendidikan yang telah termaktub di dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (NSPA)

Express Your Reaction
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
You have reacted on"Pengawas Bidang Pendidikan Madrasah Sharing Pem..." A few seconds ago

Related Posts

Leave a Reply