Pelatihan Kepala Madrasah Swasta di Kankemenag Kab. Sidoarjo Berjalan Lancar

Pelatihan Kepala Madrasah Swasta yang diselenggarakan oleh Balai Diklat Keagamaan Surabaya di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo diikuti oleh empat puluh Kepala Madrasah Swasta yang terdiri atas Kepala RA, MI, MTs dan Madrasah Aliyah. Pelatihan tersebut berlangsung mulai tanggal 27 November hingga 1 Desember 2020.

Pelatihan yang terselenggara ini berkat kerja bareng antara Balai Diklat Keagamaan, Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah dan Pusdiklat Tenaga Teknis Pendidikan dan Keagamaan serta Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo. Ada hal yang menarik dari pelatihan kali ini, karena ke empat puluh peserta berkesempatan mengikuti pelatihan di era Kepala Balai Diklat Keagamaan (BDK) yang baru, yakni Japar yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Balai Diklat Keagamaan di Bali.

Saat berita ini dirilis, empat puluh Kepala Madrasah Swasta tetap semangat mengikuti kegiatan hingga usai. Walau masih dalam masa Pandemi Covid-19, namun pelatihan tersebut masih bisa dilaksanakan dengan persetujuan dari Satgas Gugus Covid-19. Selama berlangsungnya pelatihan, seluruh peserta tetap mematuhi protokol kesehatan terutama 3M (mencuci tangan dengan sabun, Menjaga Jarak dan Memakai Masker).

Hikmah yang dapat diambil usai pelatihan, diharapkan terjadi peningkatan kompetensi Kepala Madrasah Swasta karena telah memahami apa yang menjadi tugas pokok dan fungsinya (Tupoksinya) sebagai Kepala Madrasah. Pesan dari M. Amir Sholehuddin masih terngiang dalam benak seluruh peserta, yakni adanya lima hal yang harus dipahami dan dipegang teguh serta dikuasai oleh Kepala Madrasah. Lima hal tersebut terdiri atas Kompetensi Manajerial, Kewirausahaan, Supervisi, Kepribadian dan Sosial.

“Setelah pelatihan ini diharapkan seluruh peserta mampu mengimplementasikan seluruh kompetensi yang seharusnya dikuasai dan dimiliki oleh Kepala Madrasah. Lima Kompetensi seperti yang termaktub dalam Permendiknas Nomor 13 Tahun 2007 meliputi Kompetensi manajerial, Kewirausahaan, Supervisi, Kepribadian dan Sosial,” Terang M. Amir Sholehuddin saat hadir dalam Pelatihan Kepala Madrasah Swasta di Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo.

Di sisi lain, Samsu Harudi selaku peserta diklat (Kepala MA Unggulan Tlasih) merasa sangat bersyukur bisa mengikuti kegiatan ini dengan baik. Semoga ilmu yang diterima selama pelatihan dapat diimplemntasikan dan semoga bermanfaat untuk seluruh masyarakat,” Ujarnya.

Express Your Reaction
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
You have reacted on"Pelatihan Kepala Madrasah Swasta di Kankemenag ..." A few seconds ago

Related Posts

Leave a Reply