Pelaksanaan Tes Intelligence Quotient (IQ) Di MTsN 4 Sidoarjo

Pandemi covid-19 benar-benar membatasi gerak seluruh civitas akademika untuk melaksanakan kegiatan yang telah diprogramkan oleh lembaga. Namun demikian, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan MTsN 4 Sidoarjo tetap melaksanakan tes Intelligence Quotient (IQ) dengan beberapa pertimbangan, Selasa (8/6).

Beberapa latar belakang diselenggarakannya tes IQ, pertama untuk mengetahui tingkat kecerdasan dan kemampuan peserta didik, kedua untuk mengetahui bakat dan minat belajar, ketiga untuk mengetahui daya kemampuan serap peserta didik, dan keempat adalah untuk mengetahui tingkat kecerdasan IQ awal peserta didik sehingga memudahkan dalam pembuatan rancangan pembelajaran setiap Tahun Pelajaran.

Secara teknis, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan tes Intelligence Quotient (IQ) diikuti oleh 256 (dua ratus lima puluh enam) yang terbagi kedalam dua gelombang. Gelombang pertama dimulai pukul 08.00 – 10.00 WIB, dan gelombang kedua dimulai pukul 10.00 – 12.00 WIB. Sesuai jadwal yang telah disusun oleh Waka. Kesiswaan tes Intelligence Quotient (IQ) di MTsN 4 Sidoarjo dapat berjalan dengan lancar.

Menurut Rudi Janto selaku Waka Bidang Kesiswaan, bahwa hasil dari penyelenggaraan tes Intelligence Quotient (IQ) pada akhirnya diharapkan dapat membantu untuk menemukan sekaligus mempersiapkan model pembelajaran serta menetapkan berbagai kebijakan jika terdapat peserta didik yang memiliki tingkat Intelligence dengan pencapaian rata-rata yang dapat diketahui saat awal masuk di madrasah.

Hal senada ditegaskan pula oleh Sri Utami selaku Waka Bidang Kurikulum. Menurutnya tes yang diselenggarakan ini diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dalam mempersiapkan proses pembelajaran khususnya bagi peserta didik baru di MTsN 4 Sidoarjo.

“Kami menyadari, bahwa tes Intelligence Quotient (IQ) bukanlah satu-satu cara yang dapat memberikan gambaran terkait mempersiapkan model pembelajaran bagi peserta didik, namun paling tidak hasil yang diperoleh dari tes IQ tersebut mampu memberikan gambaran untuk melangkah mempersiapkan sesuatu yang terbaik bagi peserta didik baru, khususnya di MTsN 4 Sidoarjo,”terangnya. (NSPA)

Express Your Reaction
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
You have reacted on"Pelaksanaan Tes Intelligence Quotient (IQ) Di M..." A few seconds ago

Related Posts

Leave a Reply