MTsN 4 Sidoarjo Ikuti Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional

MTs Negeri 4 Sidoarjo GSMB 2021

sesuai visi MTsN 4 Sidoarjo yang telah direview pada tahun pelajaran 2021-2022 berbunyi “Terwujudnya warga madrasah yang berakhlak mulia, nasionalis, berprestasi, peduli lingkungan, berbudaya literasi dan riset” maka menjawab visi berbudaya literasi tersebut MTsN 4 Sidoarjo melakukan kerja sama dengan Nyalanesia untuk mengikuti Gerakan Sekolah Menulis Buku (GSMB) Nasional 2021.

Gerakan ini diikuti oleh 100 (seratus) siswa dan 15 (lima belas) guru MTsN 4 Sidoarjo. Bersama dengan 130 (seratus tiga puluh) sekolah/madrasah se-Indonesia, MTsN 4 Sidoarjo mempunyai tujuan yang pasti, yakni berhasil mengajak siswa dan guru untuk menulis buku karya antologi guru dan siswa yang diterbitkan oleh Nyalanesia ber-ISBN.

Mengawali kegiatan menulis yang diselenggarakan oleh Nyalanesia, maka siswa dan guru harus mengikuti Pelatihan atau Workshop Menulis yang telah dijadwalkan oleh Nyalanesia. MTsN 4 Sidoarjo terdaftar sebagai peserta GSMB Nasional Gelombang 2 tahun 2021, di mana siswa dan gurunya telah mengikuti pelatihan atau workshop sejak tanggal 7 hingga 12 Juli 2021.

Workshop yang telah diikuti oleh siswa dan guru tersebut meliputi cara menulis puisi, menulis cerpen, menulis pantun, dan menulis artikel ilmiah populer bersama narasumber profesional. Adapun narasumber yang telah membimbing dalam kegiatan menulis tersebut antara lain Okky Madasari, Yuditeha, I Gede Eka Mahendra, Zakaria Sandy Pamungkas, Sapta Arif Nur Wahyudin, dan Eko Setyawan seorang penyair.

Abdul Adjis selaku Kepala MTsN 4 Sidoarjo menyambut baik program Gerakan Sekolah Menulis Buku ini, sebagai wujud dari niatan positif tersebut, Adjis sapaan akrab ayah dari dua putra ini memberikan fasilitas dan senantiasa memberikan support kepada siswa dan guru untuk berkreasi melalui literasi di masa pandemi Covid-19 yang belum berujung berakhir. Niatan yang positif ini semoga senantiasa mendapat ridla dari Allah SWT sehingga siswa dan guru MTsN 4 Sidoarjo dapat mencapai target yang diharapkan, yakni menerbitkan buku karya antologi bersama penulis-penulis se Indonesia.

“Selaku pimpinan, tak henti-hentinya memberikan support sekaligus berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan fasilitas kepada siswa maupun guru dalam rangka menyukseskan program gerakan literasi di madrasah sesuai dengan visi yang telah kita tetapkan bersama,” papar Abdul Adjis selaku Kepala MTsN 4 Sidoarjo. (NSPA)

Express Your Reaction
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry
You have reacted on"MTsN 4 Sidoarjo Ikuti Gerakan Sekolah Menulis B..." A few seconds ago

Related Posts

Leave a Reply