Kankemenag Sidoarjo Saksikan Penandatanganan MoU Madrasah Penyelenggara Riset

Sejak tanggal 15 Februari 2021 secara resmi telah terjadi kerjasama antara Owner Nizamia Learning Center (NLC) yang selanjutnya disebut sebagai pihak pertama bersama dengan MTsN 4 Sidoarjo yang selanjutnya disebut sebagai pihak pertama.

Kedua pihak telah sepakat untuk mengadakan kerjasama terkait pelatihan madrasah riset di MTsN 4 Sidoarjo. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dilaksanakan dan disaksikan secara langsung oleh M. Amir Sholehuddin selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo, Rabu (17/2).

Dalam sebuah pasalnya telah disebutkan, bahwa pihak pertama berkewajiban memberikan pelatihan kepada tenaga pendidik di MTsN 4 Sidoarjo agar memiliki keterampilan untuk melakukan penelitian dalam berbagai bidang keilmuan. Termasuk dalam bidang matematika, sains, teknologi, ilmu sosial, dan ilmu agama.

  1. Musfiqon selaku pemilik sebuah Konsultan Madrasah RisetNizamia Learning Center(NLC), menyampaikan beberapa hal termasuk adanya 4 (empat) hal yang saat ini sedang mendapatkan perhatian dari Kementerian Agama berdasarkan KMA 183 dan 184 tentang muatan kurikulum. Empat hal tersebut adalah 1). Kekhasan madrasah, 2). Penguatan karakter, 3). Anti korupsi, 4). Moderasi beragama.

Mengapa harus moderasi beragama itu dimunculkan, tak lain karena bangsa Indonesia saat ini sedang mengalami berbagai macam krisis, diantaranya krisis identitas di mana kondisi ini terjadi ketika seseorang merasa tidak yakin mengenai dirinya sendiri. Hal ini biasa dialami oleh seseorang yang mengalami perubahan besar dalam hidupnya dan bisa juga disebabkan karena faktor usia. Selain munculnya krisis identitas, bangsa ini juga mengalami semakin melemahnya etos kerja, gotong royong, dan tantangan global yang harus dihadapi secara cerdas, cepat dan cepat. (NSPA)

Express Your Reaction
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

Leave a Reply

//ugroocuw.net/4/3993780