Guru MTsN 4 Sidoarjo Lulus Uji Sertifikasi Penulisan Buku Non Fiksi (BNSP)

 Era New Normal membuat aktivitas di luar rumah berjalan dengan beragam peraturan baru. Aktivitas dilakukan dengan ketentuan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Seperti phsycal distancing, semaksimal mungkin untuk menghindari kontak fisik dan kerumunan banyak orang, memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, penggunaan handsanitizer dan sebagainya.

Aktivitas guru pun mulai berjalan walau belum normal. Salah satu aktivitas yang dilakukan oleh guru MTsN 4 Sidoarjo, sebut Pudji sapaan akrab dari Nur Sjamsuarini Pudji Astutik yang notabene selain melaksanakan tugas sebagai seorang guru, bunda dua orang putra-putri ini menjalankan tugas tambahan sebagai Wakil Kepala Madrasah Urusan Humas.

Tepat pada hari Rabu (23/06) Pudji penulis delapan buku Non Fiksi ini mengikuti Uji Sertifikasi Penulis dan Editor Profesional yang diselenggarakan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Penulis dan Editor Profesional BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) yang berkedudukan di Jalan Kramat Raya Kompleks Ruko Maya Indah No.5H Senen Jakarta Pusat.

Maksud dan tujuan Guru MTsN 4 Sidoarjo mengikuti Uji Sertifikasi Profesi Penulis dan Editor Profesional tak lain dan tak bukan adalah ingin meningkatkan kompetensinya sebagai seorang penulis yang pada akhirnya mendapatkan pengakuan secara nasional yang diperkuat dengan penerimaan Sertifikat Penulis dan Editor Profesional yang diterbitkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesional (BNSP), Senin (26/10).

Prosesi Ujian berlangsung selama 3 Jam, yakni dimulai pada pukul 09.00 dan berakhir pada 11.00 WIB. Skema uji yang diikuti oleh Pudji adalah Skema Penulisan Buku Non Fiksi melalui wawancara dan portofolio. Meeting dilakukan menggunakan aplikasi Zoom dengan 2 device, yaitu menggunakan 2 perangkat yang berupa laptop dan smartphone.

Sadiman selaku Asesor melakukan wawancara dan pengecekan portofolio yang telah disiapkan oleh Pudji selaku Asesi. Tahapan demi tahapan telah dilaluinya. Pada detik-detik terakhir, Pudji diarahkan oleh Amel selaku Admin untuk melihat secara langsung hasil Uji Sertifikasi yang telah berlangsung selama 3 jam. Alhamdulillah hasil yang diharapkan tidak mengecewakan. Nur Sjamsuarini Pudji Astutik dinyatakan Kompeten sebagai penulis dan editor profesional.

“Selamat ya, Anda kami nyatakan Kompeten sebagai penulis dan editor profesional,” ucap Sadiman sebelum mengakhiri meeting zoom.

Lebih lanjut Sadiman menyampaikan pesan agar tetap memelihara dan mengembangkan potensi sebagai penulis. (NSPA)

Express Your Reaction
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

Leave a Reply

//whowhipi.net/4/3993780