Guru MTsN 4 Sidoarjo Ikuti Workshop Pengembangan Kurikulum

Guru MTsN 4 Sidoarjo Ikuti Workshop Pengembangan Kurikulum

MTsN 4 Sidoarjo  – Menindak lanjuti Surat Tugas Kepala MTsN 4 Sidoarjo Nomor: 259/Mts.13.10.4/Kp.02.3/12/2019 yang ditujukan kepada Sri Winarsih Munawaroh selaku guru mata pelajaran Bahasa Arab, Nur Hidayati selaku guru mata pelajaran Akidah Akhlak dan Aries Prasetya Kasim selaku operator madrasah, maka tepat pukul 09.00 WIB mereka berangkat menuju Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo untuk mengikuti Workshop Pengembangan Kurikulum Bagi Guru RA dan Madrasah Tahun Pelajaran 2019-2020, Senin (30/12).

Kegiatan yang berlangsung di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo tersebut dihadiri oleh Imam Syafi’i selaku Kasi Kurikulum dan staf pengembang kurikulum Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur. Usai dibuka secara resmi pelaksanaannya oleh Achmad Rofi’i selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo, maka kegiatan yang bertajuk Workshop Pengembangan Kurikulum Bagi Guru RA dan Madrasah dapat dilanjutkan pelaksanaannya hingga pukul 14.30 WIB.

Di depan peserta Workshop Imam Syafi’i menyampaikan bahwa dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagai seorang guru seyogyanya berpegang pada KMA yang telah ditetapkan. Artinya didalam Keputusan Menteri Agama khususnya pada nomor 165 Tahun 2014 telah disampaikan Pedoman Kurikulum Madrasah 2013. Termasuk didalamnya menyebutkan tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Standar Isi, Standar Proses dan lain sebagainya.

Menyimak lebih jauh, didalam pelaksanaan Workshop Pengembangan Kurikulum juga telah disinggung materi terkait tentang EMIS. Emis atau Education Management Information System saat ini menjadi pusat pendataan bagi lembaga-lembaga di bawah naungan Kementerian Agama. Sebagai pusat pendataan, emis terus berkembang mulai dari pendataan emis yang masih menggunakan kertas (manual), kemudian berkembang menjadi aplikasi desktop dan saat ini lebih canggih lagi dengan berbasis online.

“Alhamdulillah banyak informasi yang dapat kami terima secara langsung dari Kasi Kurikulum sekaligus dari staf pengembang kurikulum dalam Workshop ini. Semoga apa yang telah kami serap dapat kami kembangkan di MTsN 4 Sidoarjo,” ucap Sri Winarsih Munawaroh guru mata pelajaran Bahasa Arab. (NSPA/IM2)

Express Your Reaction
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

Related Posts

Leave a Reply