Cara Agar Belajar Online Lebih Maksimal

Udah beberapa bulan nih corona masih menghuni Indonesia. Karena corona ini, kita harus membiasakan diri untuk belajar di rumah secara daring.

Terkadang, ada saja orang-orang yang kesulitan untuk belajar daring seperti yang dialami oleh saya. Pembelajaran yang dilakukan dirumah dirasa sangat tidak efektif ketimbang belajar di sekolah. Hal ini bisa saja berdampak pada prestasi akademik yang menurun bahkan bisa menyebabkan seseorang tidak lulus atau tidak naik kelas.

Untuk itu saya akan memberikan beberapa tips yang sudah saya terapkan. Ya, walaupun tidak semenyenangkan belajar di kelas, tetapi tips ini membuat pembelajaran menjadi lebih efektif dan dapat diterapkan selama masa pandemi berlangsung.

1. Siapkan Ruangan Khusus untuk Belajar Daring

Ruangan khusus disini ga harus sampai bikin ruangan baru di rumah. Cukup manfaatkan ruangan yang jarang dimasuki oleh orang-orang. Kita bisa saja memakai gudang, kamar kosong, atau bahkan kamar pribadi kita. Hal ini agar saat belajar secara daring, kita mendapatkan suasana yang kondusif dan tidak terganggu oleh orang-orang yang lalu lalang. Suasana juga dapat menjadi lebih tenang dan kita dapat fokus untuk melakukan pembelajaran. Jangan lupa agar ruangan yang akan kamu pakai dibersihkan terlebih dahulu agar kamu nyaman saat belajar. Masa iya kalau mau pakai gudang, ada tikut lewat saat sedang belajar online.

2. Pastikan Koneksi Internet Stabil

Kita harus pastikan kalau koneksi internet yang kita gunakan saat belajar online stabil. Ga perlu kencang-kencang banget, yang penting stabil sehingga jika pembelajaran dilakukan secara video conference, gambar dan suaranya ga putus-putus. Kadang-kadang ada beberapa materi yang menjadi tidak jelas jika gambar dan suara guru/dosennya macet. Sangat disarankan untuk pasang internet kabel karena koneksi yang diberikan akan jauh lebih stabil. Sekarang ada kok provider internet yang menyediakan paket internet khusus untuk pelajar dan harganya tidak begitu mahal. Apalagi kita dapat menggunakannya dengan beberapa anggota keluarga lain. Pasti jauh lebih hemat jika dibandingkan dengan menggunakan kuota prabayar.

3. Gunakan Headset atau Earphone

Tentunya akan sangat mengganggu dong jika saat kita sedang belajar melalui video conference, ada suara-suara lain yang terdengar oleh kita. Oleh karena itu, coba pakai headset untuk mengikuti video conference agar kita dapat fokus untuk mendengar apa yang disampaikan oleh pengajar.

4. Screenshoot dan Buat Catatan

Sama seperti belajar di kelas. Ketika pelajaran sedang berlangsung, kita bisa mencatat meteri yang disampaikan agar bisa kita review suatu saat nanti. Jangan malah karena ikut kelas online, kita malah menjadi cuek dan tidak mau mencatat materi yang diberikan. Jangan lupa juga untuk melakukan screenshoot jika ada bagian yang penting. Selain itu kita juga bisa melakukan screen record agar kalau ingin belajar lagi, kita bisa memutar ulang videonya.

5. Jangan Lupa sama Cemilan dan Minuman

Kalau dikelas, kita ditemani sama teman-teman, saat belajar online, kita juga butuh teman. Siapa temannya? Kamu bisa siapkan makanan ringan atau minuman yang bisa kamu nikmati saat proses belajar berlangsung. Jadi ga bosan-bosan amat saat belajar. Tapi jangan fokus makan aja, nanti malah ga tau apa-apa pas kelasnya selesai.

6. Sediakan Waktu Lebih untuk Review Materi

Nah, ini penting banget nih. Kamu harus sediakan waktu yang lebih banyak untuk melakukan review materi dibandingkan saat kuliah onsite. Review ini penting karena terkadang, materi yang disampaikan melalui kelas online akan lebih sulit untuk dipahami jika dibandingkan dengan kelas onsite. Tentu saja kita harus korbankan waktu lebih banyak untuk belajar sendiri dan mencari referensi-referensi dari luar.

Nah, itu tuh tips dari aku untuk belajar selama pandemi ini. Semoga bermanfaat untuk kalian semua dan semoga pandemi ini dapat segera berakhir dan kita kembali melakukan pembelajaran di kelas seperti biasa.

Express Your Reaction
Like
Love
Haha
Wow
Sad
Angry

Leave a Reply

//whowhipi.net/4/3993780